Selasa, 29 Oktober 2013

Tugas 3 Menata Struktur Teks Laporan


1.Berikut ini adalah laporan tentang kekeringan di Indonesia. Teruskan laporan ini agar dapat di mengerti dengan baik !
Kekeringan
            Kekeringan adalah keadaan kekurangan air yang sangat ekstrem dalam waktu lama. Kekeringan timbul tanpa dapat diprediksi secara tepat.
            Di Indonesia, hujan turun secara tidak merata meskipun pada umunya hujan terjadi di seluruh wilayah negeri. Ada daerah yang lebih mendapatkan curah hujan dan ada pula daerah yang kurang mendapatkan curah hujan .Selain itu, hujan tidak terjadi dalam waktu yang bersamaan . Di wilayah barat, hujan sudah turun, tetapi di wilayah timur belum. Kekeringan biasanya muncul bila suatu wilayah secara terus- menerus mengalami curah hujan di bawah rata-rata. Musim kemarau yang panjang akan menjadi bencana alam apabila menyebabkan suatu wilayah kehilangan sumber pendapatan akibat gangguan pada pertanian dan ekosistem yang ditimbulkannya.
            Kekeringan di Indonesia merupakan persoalan yang memiliki dampak yang cukup signifikan utamanya dalam bidang pertanian, seperti turunnya produksi tanaman dan merugikan petani. Selain itu, produksi pertanian yang rendah akan berakibat pada menurunnya kondisi pangan nasional bangsa dan menyebabkan stabilisasi perekonomian mudah goyah. Hal lain yang bisa terjadi adalah terganggunya sistem hidrolisis lingkungan dan manusia akan kekurangan air untuk dikonsumsi.
            Kekeringan umunya disebabkan oleh perubahan cuaca, yang terjadi pada musim kemarau. Namun lebih diperparah oleh ulah manusia yang melakukan penebangan hutan secara liar, penyempitan sungai akibat pembangunan liar di pinggir sungai, penutupan tanah oleh aspal dan beton serta pengambilan air tanah yang berlebihan.
            Sedangkan upaya untuk mencegah dan menanggulangi kekeringan di Indonesia, antara lain melarang penebangan hutan secara liar, melarang pembangunan liar di pinggir sungai, melakukan reboisasi atau penghijauan, dan membangun serta memelihara danau, waduk, atau wilayah hutan yang dapat menjadi wilayah resapan air.
2.Periksalah pekerjaan kalian itu sekali lagi , apakah teks kalian telah ditata menurut struktur yang baik, yang terdiri atas pernyataan umum/klasifikasi^ anggota/aspek yang dilaporkan.
- Paragraf pertama   : pernyataan umum
- Paragraf kedua      : klasifikasi anggota
- Paragraf ketiga, keempat dan kelima : aspek yang dilaporkan
 
sumber 
http://asmanyusuf46.blogspot.com/2013/09/tugas-bahasa-indonesia-1.html

0 komentar:

Posting Komentar